MEMBUAT FREEFAB

 April 15,2021


MAMBUAT PREFAB DARI SEBUAH GAMEOBJECT

.......

Haloo semua ketemu lagi dengan aku Trisna disisni, kali ini kita akan membahas tentang prefab

Tanpa basa basi lagi yuk langsung saja πŸ‘Œ

        * Prefab merupakan sebuah Game Object  yang disimpan kedalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali.

        * Rigid Body Adalah assets pada unity yang "embeded" pada objek, sehingga objek tersebut bisa bergerak berdasarkan lekuk-lekuk terrain/atau latar belakang yang kita buat. Dalam rigid body, object secara otomatis memiliki gaya gravitasi.


πŸ’¬Membuat Prefab

Pertama  tentunya membuka Unity untuk membuat project baru, dan pastikan untuk mensetting project yang kamu buat di Game 3D 


Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu Game Object lalu 3D object  kemudian Plane dan ganti nama menjadi lantai 1 .




Tambahkan Plane kedua lalu nama di ganti menjadi Lantai2 , atur scalenya dengan menggunakan  tombol scale di pojok kiri atas atau bisa juga dengan memasukkan angkanya pada panel trasform.
Angkat posisi Lantai 2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya.

Klik lantai 2 pada tab Hierarcy kemudian buatlah Game Object Child dengancara klik menu GameObject lalu Create Empty.


Untuk memudahkan penyebutan, ganti nama game object Child menjadi titik jatuh.
Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan  cara klik menu Game Object lalu 3D Object lalau Spphere dan ganti nama  dengan mycapsule.

Tambahkan sebuah gambar pada panel assets dengan cara klik kanan pada Panel Assets dengan cara klik kanan pada Assets lalu Import New Assets ( contoh : tekstur-grass-field), lalu pilih salah satu gambar yang ada komputer kamu.


Dari panel assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada mycapsule sehingga terlihat seperti di bawah ini.

* Klik mycapsule dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Componet lalu Physics dan ring Body.


* Buatlah sebuah Physic Material dengan cara klil Assets lalu create Physics Material beri nama Bounce.
* Ganti parameter Bouncess menjadi 0,9 untuk menambahkan efek memantul .

* Lalu kita kembali ke game object mycapsule, tambahkan material Bounce dengan cara drag dari panel assets ke panel Sphere Collider, parameter material, atau klik tombol kecil di kolom Material psds komen Sphere Collider milik mycapsule.

*Berikutnya  untuk menjadikan frefab , drag mycapsule dari tab Hierarcy ke panel assets .

okee sekian dulu pembahasan untuk kali ini, sampai jumpa lagi di materi selanjutnya dadaah.... 😊

link universitas Budiluhur : https://www.budiluhur.ac.id/






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar - dasar Mengunakan Software Unity

MEMBUAT KARAKTER 3D